• Diriwayatkan dari Jubair bin Muth'in R.A, bahwasanya ia pernah mendengar Rasulullah SAW. bersabda,
  • Sabda Rasulullah SAW : “Barang siapa meniru suatu kaum , maka ia termasuk kaum itu.” (HR. Abu Daud, dan sanadnya diperkuat oleh Ibnu Taimiyah)
  • Doa merupakan salah  satu bentuk ibadah, sesuai dengan sabda Rasulullah saw., ”Doa itu adalah ibadah” (H.R. Tirmidzi). Sebagai suatu ibadah, berdoa hendaknya dilakukan dengan cara yang baik dan benar sebagai berikut.
  • Hanya tinggal menghitung minggu, Ramadhan insya Allah datang menghampiri kita. Adalah Ramadhan, Ia bertelaga bening Airnya mutiara maghfiroh, Gericiknya dzikir & tadarrus/
  • Bulan Suci umat Islam kini telah tiba, tepat dihari pertama kita menjalankan ibadah puasa ini mudah-mudahan kita selalu diberikan kesehatan lahir serta batin Oleh Alloh SWT Aamiin..
  • Bulan ramadhan merupakan bulan yang sangat dimukiakan oleh Allah SWT, dengan berbagai macam keistimewahan..
  • “Barang siapa yang berpuasa Ramadhan dengan keimanan dan pengharapan akan ridha Allah, akan diampuni dosa-dosanya yang terdahulu.”
  • “
Download Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1433 H untuk kota Bandung, Jakarta, Medan, Surabaya, Makassar, Yogyakarta”
  • Diriwayatkan dari Ali Bin Abi Thalib ra bahwasanya berkata ia : Nabi Muhammad SAW pernah ditanya tentang kelebihan Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan, maka beliaw bersabda :
  • Berikut Merupakan Keutamaan Sholat Tarawih di Malam yang ke 8. Mudah - mudah saja di malam kedelapan ini kita bisa mendapatkan keutamaan tersebut Aamiin ya Rabbal Aalamiin..
  • Pada postingan di hari sebelumnya saya belum posting keutamaan shalat tarawih di malam yang ke sembilan dan sekarang udah masuk lagi di malam yang ke sepuluh,, Subhanalloh luar biasa Allohu akbar..
  • Alhamdulillah kita sampai di malam yang ke 11, mudah-mudahan di malam yang ke sebelas ini kita bisa mendapatkan keutamaan Sholat tarawih sesuai dengan yang Diriwayatkan dari Ali Bin Abi Thalib ra bahwasanya
  • Berikut Merupakan keutamaan Sholat Tarawih di Malam Ke-12 sampai 13
  • Berikut Merupakan keutamaan Sholat Tarawih di Malam Ke-14 sampai 15
  • Berikut Merupakan keutamaan Sholat Tarawih di Malam Ke-16 sampai 21
  • Berikut Merupakan keutamaan Sholat Tarawih di Malam Ke-22 sampai 24
  • Berikut Merupakan keutamaan Sholat Tarawih di Malam Ke-25 sampai 27
  • Berikut Merupakan keutamaan Sholat Tarawih di Malam Ke-28 sampai 30

Sabtu, 22 September 2012

Hadits-Hadits tentang Keutamaan Mengajarkan Kebaikan


Ada banyak hadits yang menginformasikan kepada kita tentang keutamaan mengajarkan ilmu dan kebaikan kepada orang lain. Rasulullah saw. memberikan panduan bahwa setelah belajar sangat baik apabila kita mengajarkannya kembali. Sebab, tidak ada teknik belajar yang paling baik selain mengajar. Dengan mengajarkan ilmu, selain bahwa kita akan semakin mamahami dan menguasai ilmu tersebut, Allah Swt. akan menganugerahkan pengetahuan-pengetahuan lain yang belum kita miliki. Berikut ini beberapa buah hadits tentang keutamaan mengajarkan kebaikan yang kami ambil dari kitab karangan Imam Al Hafidz Al Mundziri tentang hadits-hadits targhib (menganjurkan amal kebajikan) dan tarhib ( memperingatkan amal keburukan).
  1. Diriwayatkan dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah saw. Bersabda sebagai berikut.
 “Barangsiapa mendatangi masjidku ini, dan dia tidak mendatanginya kecuali untuk kebaikan yang dipelajarinya atau yang diajarkannya, maka dia seperti seorang mujahid di jalan Allah; dan barangsiapa datang bukan untuk niat itu, maka dia seperti orang yang (hanya) melihat kesenangan orang lain.” (HR Ibnu Majah dan Baihaqi)
  1. Diriwayatkan dari Abu Hurairah, bahwa dia mendengar Rasulullah saw. Bersabda sebagai berikut.
“Apabila anak Adam meninggal dunia maka terputuslah amalnya kecuali dari tiga hal, (yaitu) sedekah jariah, ilmu yang diamalkan (diajarkan), dan anak saleh yang mendoakannya.” (HR Muslim)
  1. Diriwayatkan dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah saw. Bersabda sebagai berikut.
 “Sesungguhnya, di antara amal kebajikan yang akan menyusul seorang Mukmin setelah kematiannya adalah ilmu yang diajarkan dan disebarkan, anak saleh yang ditingglkan, mushaf yang diwariskan, masjid yang didirikan, rumah untuk ibnu sabil yang dibangun, sungai yang dialirkan, atau sedekah yang dia keluarkan dari hartanya pada masa sehatnya dan masa hidupnya; (semua amal itu) akan menyusulnya setelah kematiannya.” (HR Ibnu Majah, Baihaqi, dan Ibnu Khuzaimah)
  1. Diriwayatkan dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah saw. Bersabda sebagai berikut.
 “Barangsiapa mengajak pada petunjuk (amal saleh), maka baginya pahala seperti pahala orang yang mengikutinya tanpa mengurangi pahala mereka sama sekali; dan barangsiapa mengajak pada kesesatan, maka atasnya dosa seperti dosa orang yang mengikutinya tanpa mengurangi dosa mereka sama sekali.” (HR Muslim)
  1. Dari Ali bin Abi Thalib tentang firman Allah Swt. berikut.
Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan..” (QS At Tahrim, 66: 6), dia berkata, “Ajarkanlah kebaikan kepada keluarga kalian.” (HR Al Hakim)
  1. Diriwayatkan dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah saw. Bersabda sebagai berikut.
Barangsiapa ditanya tentang suatu ilmu kemudian dia menyembunyikannya, maka dia akan dikekang pada hari Kiamat dengan kekang dari api neraka.” (HR Abu Dawud, At Tirmidzi, Ibnu Majah, Baihaqi, Al Hakim, dan Ibnu Hibban).
Hal senada disampaikan pula oleh Abdullah bin Amer bahwa Rasulullah saw. bersabda sebagai berikut.
Barang siapa menyembunyikan ilmu, maka Allah akan mengekangnya pada hari Kiamat dengan kekang dari api neraka.” (HR Ibnu Hibban dan Al Hakim)
  1. Diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud, bahwa Rasulullah saw. bersabda sebagai berikut.
 “Tidak ada kedengkian kecuali dalam dua hal, (yaitu) seseorang yang dikaruniai Allah harta kekayaan kemudian dia menghabiskannya di dalam kebenaran (di jalan Allah), dan seseorang yang dikaruniai hikmah (ilmu) kemudian dia mengamalkan dan mengajarkannya.” (HR Bukhari Muslim) 

Pelajarilah ilmu, mempelajari ilmu karena Allah itu mencerminkan ketaatan, mencarinya adalah ibadah, mengkajinya adalah tasbih, mengajarkannya adalah sedekah, membelanjakannya untuk keluarga adalah taqarrubIlmu adalah pendamping saat sendirian dan teman karib saat menyepi.” 

 — Mu’adz bin Jabal —

2 komentar:

obat stroke mengatakan...

oh jadi itu ya hadist tentang cara mengajarkan kebaikan..

obat herbal darah tinggi mengatakan...

bagus banget infonya. mantap gan..

Posting Komentar